Tak Hanya Tingkatkan Imun, Jum’at Sehat juga Bentuk Karakter dan Jiwa Nasionalisme Siswa

JATIROTO – Kegiatan Jumat Sehat merupakan salah satu agenda rutin yang dilakukan oleh siswa SMK Negeri 1 Jatiroto selain Jumat Bersih dan Jumat Mengaji. Jumat sehat ini dilaksanakan pada jam pertama sebelum dimulainya kegiatan pembelajaran tatap muka.

Jumat (11/02/2022), seluruh siswa yang terjadwal PTM berkumpul di halaman upacara pada pukul 19.15 WIB. Para siswa berbaris dengan rapi sesuai dengan kelasnya masing-masing. Kemudian dilanjut dengan Binjas (Bina Jasmani) ringan meliputi gerakan kebugaran jasmani yang di pandu oleh petugas dari anggota OSIS SMK Negeri 1 Jatiroto. Nampak seluruh siswa sangat antusias mengikuti kegiatan Jumat Sehat pada hari ini. Pasalnya, bagi siswa kelas X dan XI Jumat Sehat ini merupakan kali pertama mereka semenjak menjadi siswa SMK Negeri 1 Jatiroto.

Siswa mengikuti Jumat Sehat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Kegiatan ini juga merupakan salah satu upaya penguatan pendidikan karakter siswa SMK Negeri 1 Jatiroto. Dengan diajarkan yel-yel PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) pada pertengahan kegiatan Jumat Sehat. Yel-yel digemakan dengan lantang berikut dengan gerakannya oleh seluruh siswa yang mengikuti kegiatan Jumat Sehat.

Selain yel-yel PPK, para siswa juga menyanyikan lagu wajib Nasional Garuda Pancasila sembari melakukan Binjas (Bina Jasmani) ringan jumping jack. Meski dengan nafas yang terengah-engah, namun semangat mereka yang tetap menyala patut diacungi jempol. Kegiatan selesai pada pukul 07.55 WIB, setelah dibubarkan seluruh peserta Jumat Sehat segera menuju ruang kelas untuk mengikuti pembelajaran sesuai dengan jadwalnya masing-masing.

Dengan adanya Jumat Sehat, diharapkan dapat menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh siswa agar terhindar dari berbagi penyakit termasuk Covid-19 yang menjadi momok selama lebih dari 2 tahun ini. Di samping itu kegiatan ini juga dapat membentuk karakter siswa guna menumbuhkan semangat dalam belajar maupun dalam kehidupan bermasyarakat dengan Penguatan Pendidikan Karakter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *