oleh

Pembiasaan Sholat Dhuha Sebagai Sarana Ciptakan Siswa Siswi yang Berkarakter dan Religius

JATIROTO – Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMKN 1 Jatiroto mengenalkan bagaimana kondisi sekolah bagi peserta didik baru. Selain itu dengan MPLS peserta didik baru juga menjadi lebih mengenal bagaimana visi misi dari SMKN 1 Jatiroto.

Dalam MPLS juga mengajarkan bagaimana membentuk karakter membiasakan diri dengan hal hal positif. Salah satunya adalah poin keagamaan seperti sholat Dhuha.Pembiasaan Sholat Dhuha ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan sekolah untuk mengoptimalkan output mental siswa yang berbudaya, karakter, dan religius.

Sholat Dhuha dilaksanakan di Halaman Upacara Sekolah oleh seluruh peserta didik baru yang beragama Islam. Sekitar pukul 06.30 pagi sholat Dhuha dilaksanakan dengan beralaskan tikar yang di bawa oleh perwakilan dari masing masing gugus.

Pemberian sedikit kultum oleh salah satu guru seusai Sholat Dhuha

Banyaknya manfaat yang kita dapat dari pembiasaan sholat Dhuha ini, selain sebagai pengembangan karakter pada aspek religius, pembiasaan ini juga sebagai wujud usaha pengembangan karakter gotong royong. Yang mana peserta didik sebelum dan sesudah sholat meyiapkan dan merapikan kembali sarana yang telah digunakan untuk sholat Dhuha.

Harapannya budaya kebiasaan ini dapat terus dilakukan di manapun siswa berada agar tercipta siswa siswi yang berkarakter religius yang selalu taat dan melaksanakan perintah Tuhan yang Maha Esa.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed